Selamat Datang di Situs UPT PPL UM * Maju Bersama melalui Program PPL untuk Mencerdaskan Bangsa melalui Kebersamaan dan Persatuan

ALUR PENDAFTARAN PPL SEMESTER GASAL 2014/2015

1.        Pendaftaran PPL Online

Pendaftaran dilakukan melalui SIAKAD masing-masing mahasiswa. Pada tahap ini mahasiswa mendaftarkan diri dengan melengkapi identitas pada kolom yang disediakan.

Untuk mahasiswa angkatan 2010 ke atas (2010, 2011, 2012, dst.) dapat langsung mendaftar tanpa harus membayar apapun (termasuk SPP) terlebih dulu. Pembayaran SPP tetap dilakukan sesuai dengan jadwal reguler pada masing-masing fakultas.

Adapun untuk mahasiswa angkatan 2009 ke bawah (2009, 2008, 2007, dst.) wajib membayar biaya PPL sejumlah Rp 100.000 + SPP terlebih dulu di bank mitra (BNI, BRI, BTN),  baru kemudian dapat mendaftar PPL.

2.        Pengumuman Penetapan Peserta PPL

Pada tahap ini diumumkan nama-nama mahasiswa yang secara resmi mendaftar PPL pada semester Gasal 2014/2015. Bagi mahasiswa yang merasa sudah mendaftar tetapi tidak muncul namanya dalam pengumuman tersebut harap melapor ke LP3. Pengumuman dapat dilihat di laman ppl.um.ac.id

3.        Pemilihan Tempat Lokasi PPL

Sekolah yang akan menjadi lokasi PPL ditentukan oleh LP3. Mahasiswa dipersilakan memilih satu sekolah di antara sejumlah sekolah yang dipakai sebagai lokasi PPL. Pemilihan sekolah dilakukan melalui SIAKAD. Mahasiswa dipersilakan ‘berlomba-lomba’ memilih sendiri satu di antara sekolah-sekolah tersebut. Apabila kuota pemilih pada satu sekolah telah terpenuhi maka nama sekolah tersebut tidak akan muncul lagi pada tampilan SIAKAD mahasiswa.

PPL dilaksanakan dalam 2 gelombang (kecuali prodi-prodi tertentu). Mahasiswa dapat memilih 1 di antara 2 gelombang tersebut.

Sekolah dan gelombang yang telah dipilih tidak dapat diubah lagi.

4.        Pengumuman Penetapan Tempat Lokasi PPL

Pada tahap ini akan diumumkan nama peserta PPL secara utuh pada tiap sekolah sehingga mahasiswa dapat mengetahui teman-teman dari prodi yang sama atau prodi lain yang melaksanakan PPL di sekolah tersebut.

Mahasiswa dengan tanda bintang (*) di belakang namanya merupakan mahasiswa yang ditunjuk oleh LP3 sebagai contact person. Mahasiswa tersebut bertanggung jawab sebagai penghubung untuk komunikasi antara mahasiswa PPL pada sekolah yang sama dengan LP3 dan dengan pihak sekolah lokasi PPL. Untuk selanjutnya, mahasiswa contact person dapat dipilih menjadi mahasiswa koordinator PPL di sekolah, tetapi dapat juga diganti oleh mahasiswa lain, bergantung pada kesepakatan mahasiswa peserta PPL di tiap sekolah.

5.        Pelaksanaan PPL I

PPL I merupakan tahap pelaksanaan PPL yang diselenggarakan selama 2 minggu di kampus (fakultas masing-masing). Pada tahap ini mahasiswa dibimbing oleh Dosen Pembimbing (DP) PPL I untuk menyusun perangkat pembelajaran sekaligus melaksanakan praktik peer teaching yang terintegrasi dengan lesson study. Pelaksanaan PPL I dibagi dalam beberapa kelompok. Tiap kelompok beranggotakan 15 mahasiswa, diupayakan adalah mahasiswa yang akan melaksana kan PPL pada jenjang yang sama (SMP, SMA, atau SMK).

Mahasiwa wajib hadir pada hari pertama PPL I (4 Juli 2014) untuk mengikuti Pengarahan Umum PPL.

6.        Pelaksanaan PPL II

PPL II merupakan tahap pelaksanaan PPL yang diselenggarakan selama 6 minggu di sekolah lokasi PPL. Pada tahap ini mahasiswa dibimbing oleh DP PPL II, Guru Pamong (GP), dan Kepala Sekolah (KS) untuk menyusun perangkat pembelajaran sekaligus melaksanakan praktik pembelajaran riil yang terintegrasi dengan lesson study di sekolah.

Penyelenggaraan PPL II dibagi menjadi 2 gelombang. Masa PPL di sekolah pada masing-masing gelombang adalah 6 minggu. Dalam masa itu setiap mahasiswa diwajibkan melakukan praktik pembelajaran minimal 5x dengan 2x di antaranya menerapkan lesson study. Prosedur PPL selengkapnya dapat dibaca pada Juklak PPL.

7.        Penyerahan Tagihan Pelaksanaan PPL II

Di akhir masa PPL setiap mahasiswa wajib mengumpulkan sejumlah tagihan ke LP3. Tagihan PPL II meliputi (1) Jurnal Harian dan (2) Bukti Fisik Pelaksanaan Lesson Study. Informasi mengenai tagihan dapat diperoleh pada saat Pengarahan Umum PPL yang diselenggarakan pada 4 Juli 2014 di aula masing-masing fakultas (wajib hadir). Seluruh tagihan dikumpulkan dalam bentuk soft file, dikoordinasikan oleh Mahasiswa Koordinator di tiap sekolah, dan dikumpulkan ke LP3 selambatnya 2 minggu setelah PPL berakhir.

 

Catatan:

a. Pengarahan Umum PPL

Setiap mahasiswa peserta PPL wajib hadir pada Pengarahan Umum PPL yang diselenggarakan pada tanggal 4 Juli 2014 di aula masing-masing fakultas. Mulai saat ini (dan selama pelaksanaan PPL I dan PPL II) mahasiswa diwajibkan memakai seragam atasan putih, celana hitam (bagi mahasiswa putra) atau rok hitam (bagi mahasiswa putri), kerudung putih (bagi yang berkerudung), sepatu pantofel hitam, dan jas almamater.

b. Jadwal PPL I

No.

Kegiatan

Waktu

Keterangan

Pelaksanaan PPL I
1. Pengarahan Umum oleh Tim Pengembang Jumat, 04 Juli 2014

Di kampus

2. Identifikasi KI/KD 05 – 08 Juli 2014

Di sekolah

3. Pengembangan RPP 09 – 11 Juli 2014

Di kampus

4. Pelaksanaan Peer teaching terintegrasi dengan  Lesson Study 14 – 18 Juli 2014

Di kampus

 c. Identifikasi KD

Identifikasi KD adalah salah satu tahapan dalam PPL I di mana mahasiswa menemui GP untuk menanyakan KD yang akan diajarkan saat melaksanakan PPL II di sekolah. Jika PPL diselenggarakan dalam 2 gelombang, tentunya KD yang akan diajarkan oleh mahasiswa PPL gelombang 1 berbeda dengan mahasiswa PPL gelombang 2.

 

Lebih lengkap pengumuman ini dapat diunduh disini.

 

 

 

Leave a Reply