Selamat Datang di Situs UPT PPL UM * Maju Bersama melalui Program PPL untuk Mencerdaskan Bangsa melalui Kebersamaan dan Persatuan

Berikut kami informasikan beberapa hal terkait pelaksanaan PPL II tersebut.

1)         Pelaksanaan PPL Semester Genap 2013/2014 diselenggarakan berdasarkan petunjuk pelaksanaan PPL yang tertuang dalam Petunjuk Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Keguruan Universitas Negeri Malang edisi 2013/2014. (file dapat diunduh di sini).

2)         PPL II dilaksanakan dalam kurun waktu 6 minggu. Khusus untuk Fakultas Teknik, PPL II diselenggarakan dalam 2 gelombang, sedangkan untuk fakultas lain (FS, FMIPA, FE) diselenggarakan dalam 1 gelombang, yaitu gelombang I.

3)        Jadwal pelaksanaan PPL II di sekolah disampaikan berikut.

–     Gelombang I     :  13 Januari—24 Februari 2014

–     Gelombang II   :  24 Februari—5 April 2014

4)        Jadwal pengantaran dan penjemputan PPL ke/dari sekolah disampaikan berikut.

–     Pengantaran gelombang I                                                      :  13 Januari 2014

–     Penjemputan gelombang I dan pengantaran gelombang II   :  24 Februari 2013

–     Penjemputan gelombang II                                                   :  5 April 2014

Jadwal tersebut berlaku fleksibel, bergantung hasil kesepakatan Dosen Penjemput dengan pihak sekolah yang dikoordinasikan oleh Mahasiswa Koordinator PPL di sekolah.

5)        PPL II dilaksanakan dengan prosedur berikut.

–     Minggu ke-1     :  Orientasi sekolah

–     Minggu ke-2     :  Observasi kegiatan mengajar Guru Pamong

–     Minggu ke-3     :  Praktik mengajar terbimbing

Penentuan rincian waktu pada prosedur di atas berlaku fleksibel, bergantung kesiapan mahasiswa menurut Guru Pamong dan Dosen Pembimbing PPL II.

6)        PPL II diselenggarakan dalam kerangka Lesson Study. Berkenaan dengan hal tersebut, setiap mahasiswa diwajibkan melaksanakan praktik Lesson Study minimal 2x selama masa PPL di sekolah. Diharapkan, sejumlah minimal 2x kehadiran Dosen Pembimbing PPL II ke sekolah diatur sedemikian rupa sehingga bertepatan dengan jadwal pelaksanaan open class dan diskusi refleksi.

7)        Diharapkan setiap mahasiswa berkesempatan melaksanakan praktik pembelajaran minimal 5x selama masa PPL di sekolah, termasuk di antaranya 2x praktik Lesson Study.

8)        Sebagai informasi, di akhir PPL II setiap mahasiswa diwajibkan menyerahkan tugas-tugas:

–     Jurnal Harian PPL di Sekolah

–     Dokumen Pelaksanaan Lesson Study

Seluruh dokumen diserahkan dalam bentuk soft file. Dokumen berupa gambar atau Lembar Pengesahan discan atau difoto, kemudian dilampirkan dalam file.

Dengan dikoordinasikan oleh Koordinator PPL di sekolah, tugas seluruh mahasiswa PPL dikompilasi dalam 2 keping CD/DVD, kemudian diserahkan ke Kepala Sekolah dan P4L LP3.

Terima kasih.

Leave a Reply

Translate »