Selamat Datang di Situs UPT PPL UM * Maju Bersama melalui Program PPL untuk Mencerdaskan Bangsa melalui Kebersamaan dan Persatuan

Pelaksanaan PPL II Semester Gasal 2014/2015

Nomor       : 992/UN32.15.2.4/TU/2014                                                                                 16 Juli 2014

Lampiran   :  Satu berkas

Hal             :  Pelaksanaan PPL II Semester Gasal 2014/2015

 

Kepada

Mahasiswa PPL Semester Gasal 2014/2015 (kecuali Prodi TEP, AP, PLS, dan BK)

 

Sehubungan dengan akan dimulainya PPL II Program Sarjana (S1) Keguruan periode semester Gasal 2014/2015, berikut kami informasikan beberapa hal terkait pelaksanaan PPL II;

1.   Pelaksanaan PPL diselenggarakan berdasarkan petunjuk pelaksanaan PPL yang tertuang dalam Petunjuk Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Keguruan Universitas Negeri Malang edisi 2014/2015 (file dapat diunduh di laman ppl.um.ac.id).

2.   PPL II diselenggarakan dalam 2 gelombang (kecuali Prodi PGSD, PGPAUD, PLB) dengan masing-masing gelombang dilaksanakan dalam kurun waktu 6 minggu.

3.   Jadwal pelaksanaan PPL II;

  1. Gelombang 1 (di sekolah)      :  11 Agustus 2014 — 22 September 2014
  2. Gelombang 2 (di sekolah)      :  22 September 2014 — 1 November 2014

4.   Jadwal pengantaran dan penjemputan PPL II ke/dari sekolah;

  1. Pengantaran gelombang 1                                                       :  11 Agustus 2014
  2. Penjemputan gelombang 1 dan pengantaran gelombang 2      :  22 September 2014
  3. Penjemputan gelombang 2                                                     :  1 November 2014

Jadwal tersebut berlaku fleksibel, bergantung hasil kesepakatan Dosen Penjemput dengan pihak sekolah yang dikoordinasikan oleh Mahasiswa Koordinator PPL di sekolah.

5.   Prosedur pelaksanaannya;

  1. Minggu ke-1      :  Orientasi sekolah
  2. Minggu ke-2      :  Observasi kegiatan mengajar Guru Pamong
  3. Minggu ke-3      :  Praktik mengajar terbimbing

Penentuan rincian waktu pada prosedur di atas berlaku fleksibel, bergantung kesiapan mahasiswa menurut Guru Pamong dan Dosen Pembimbing PPL II.

6.   PPL diselenggarakan dalam kerangka Lesson Study. Berkenaan dengan hal tersebut, setiap mahasiswa diwajibkan melaksanakan praktik Lesson Study minimal 2x selama masa PPL di sekolah.

7.   Kehadiran Dosen Pembimbing PPL II sejumlah minimal 2x ke sekolah diatur sedemikian rupa sehingga bertepatan dengan jadwal pelaksanaan open class dan diskusi refleksi.

8.   Diharapkan setiap mahasiswa berkesempatan melaksanakan praktik pembelajaran minimal 5x selama masa PPL di sekolah, termasuk di antaranya 2x praktik Lesson Study.

9.   Di akhir PPL II setiap mahasiswa diwajibkan menyerahkan tugas-tugas:

  1. Jurnal Harian PPL di Sekolah
  2. Dokumen Pelaksanaan Lesson Study

Seluruh dokumen diserahkan dalam bentuk soft file. Dokumen berupa gambar atau Lembar Pengesahan discan atau difoto, kemudian dilampirkan dalam file.

Dengan dikoordinasikan oleh Koordinator PPL di sekolah, tugas seluruh mahasiswa PPL dikompilasi dalam 2 keping CD/DVD, kemudian diserahkan ke Kepala Sekolah dan P4L LP3.

  1. Wajib hadir ke sekolah setiap hari.Tidak ada hari libur (off day) selama pelaksanaan PPL di sekolah;
  2. Bagi yang masih menempuh matakuliah yang bertepatan dengan jadwal aktif PPL di sekolah harap menyerahkan fotokopi KRS kepada Mahasiswa Koordinator PPL, untuk kemudian dilaporkan ke P4L LP3.
  3. Dosen Pembimbing dan Guru Pamong, memberi penilaian terhadap RPP dan praktik pembelajaran mahasiswa selama melaksanakan PPL di sekolah.
  4. Kepala Sekolah memberi penilaian terhadap aspek sikap selama mahasiswa melaksanakan PPL di sekolah. Penilaian dapat didasarkan pada Jurnal Harian Mahasiswa yang diharuskan mendapat pengesahan Kepala Sekolah.

 

Atas perhatian dan kerja sama yang baik Saudara, kami sampaikan terima kasih.

 

a.n. Ketua

Kepala P4L,

 

 

Tembusan:                                                                                           Dr. Kusubakti Andajani, M.Pd.

1.  Ketua LP3                                                                                       NIP 197011162003122002

2.  Kabag TU LP3

Universitas Negeri Malang

Leave a Reply

Translate »